Laman

Tuesday, July 19, 2016

Ayat-Ayat Al Qur'an Yang Mengharamkan Memilih Pemimpin Non Muslim


1.    QS An-Nisa ayat 144

QS An Nisa Ayat 144
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Inginkah kamu mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu),” (QS An-Nisa: 144).

Allah  melarang hamba-hamba-Nya yang beriman mengambil orang-orang kafir sebagai wali[i]bagi mereka, bukannya orang-orang mukmin. Yang dimaksud dengan istilah 'wali' dalam ayat ini ialah berteman dengan mereka, setia, ikhlas, dan merahasiakan kecintaan serta membuka rahasia orang-orang mukmin kepada mereka.

2.    QS Ali Imran ayat 28
QS Ali Imran Ayat 28
“Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kalian akan diri-Nya,” (QS Ali Imran: 28).

3.    QS Ali Imran ayat 149

Surat Ali Imran ayat 149

Download MP3 Surat Ali Imran ayat 149

Yaa ayyuhaa alladziina aamanuu in tuthii’uu alladziina kafaruu yarudduukum ‘alaa a’qaabikum fatanqalibuu khaasiriina
”Hai orang-orang yang beriman jika kamu mentaati orang-orang kafir itu, niscaya mereka mengembalikan kamu ke belakang (kepada kekafiran), lalu jadilah kamu orang-orang yang rugi”. (QS. Ali Imran 149)

4.    QS Ali Imran ayat 150
Surat Ali Imran ayat 150

Download MP3 Surat Ali Imran ayat 150
Bali allaahu mawlaakum wahuwa khayru alnnaasiriina
“Tetapi (ikutilah Allah), Allah lah pelindung mu dan Dialah, sebaik-baik penolong”. 
(QS. Ali Imran 150)


Allah memperingatkan kalian terhadap siksa-Nya jika kalian melanggar larangan-Nya.

Sedangkan dalam surat ini disebut melalui firman-Nya:
“Inginkah kalian mengadakan alasan yang nyata bagi Allah?” (QS An-Nisa: 144).

Yakni alasan untuk menyiksa kalian.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Malik ibnu Ismail, telah menceritakan kepada kami Sufyan ibnu Uyaynah, dari Amr ibnu Dinar, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas sehubungan dengan firman-Nya: alasan yang nyata. (An-Nisa: 144) Bahwa setiap sultan atau alasan di dalam Al-Qur'an merupakan hujah. Sanad asar ini sahih.

Hal yang sama dikatakan oleh Mujahid, Ikrimah, Sa'id ibnu Jubair, Muhammad ibnu Ka'b Al-Qurazi, Ad-Dah-hak, As-Saddi, dan An-Nadr ibnu Arabi.

5.    QS Al Maidah ayat 51
Surat Al Maidah Ayat 51

  Download MP3 Surat Al Maidah Ayat 51
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi auliya bagimu; sebahagian mereka adalah auliya bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi auliya, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka.  Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim.” (QS. Al-Maidah: 51)

6.    QS Al Maidah ayat 57
QS Al Maidah Ayat 57
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman.(QS. Al Maidah :57)


Ust. Dr. Khalid Basalamah, MA -- Munafik adalah muslim yang menjadikan kafir sebagai pemimpin.
Download Video

No comments:

Post a Comment